Hikmah Berkurban

Shuhba Mawlana Syekh Muhammad Nazim Adil Al-Haqqani QS
Lefke, Siprus: 29 Desember 2006


A'uudzubillaahi minasy syaythaanir rajiim
Bismillaahir rahmaanir rahiim
Wash-shalaatu was-salaamu 'alaa asyrafil Mursaliin Sayyidinaa wa Nabiyyina Muhammadin wa 'alaa aalihi wa Shahbihi ajma'iin 

Wahai manusia!  Islam adalah haqq, ia adalah agama yang benar. Karena jika ia batil, maka tak akan ada orang yang berada di sini. Seribu lima ratus tahun yang lalu, perintah ini diberikan: ibadah haji. Dan jika kalian tidak dapat menunaikannya (orang-orang yang tidak berangkat haji), pergilah dan rayakan dengan salat ied, dan lihat, begitu banyak orang akan melakukannya. Ada banyak orang yang mengatakan bahwa ‘Islam terbelakang, ia berasal dari zaman kegelapan.’ Itu jelas tidak benar! Islam bagaikan matahari, bersinar bagaikan matahari sejak hari pertama hingga hari terakhir (kiamat).

Jagalah iman kalian dan perkuat iman kalian. Dan bagaimana kalian membuatnya agar lebih kuat? Dengan ibadah dan perbuatan baik. Dan Allah SWT akan bertanya, “Bukankah kalian mempunyai dua menit untuk salat dua rakaat untuk-Ku? Aku telah memberi kalian berbagai hal dan kalian tidak memikirkan Aku sekalipun dalam 24 jam, untuk salat dua rakaat untuk-Ku—sesuatu yang hanya memakan waktu dua menit?” Di pagi hari, basuhlah tangan dan wajah kalian, juga kaki kalian dan salatlah dua rakaat.

Mereka datang kepada saya dan mengatakan, “Syekh Effendi, pekerjaan kami memburuk!” Bagaimana hubungan kalian dengan Allah SWT? ‘Tidak baik.’ Jika kalian mengkhianati diri kalian dan Allah SWT, itu adalah buruk, itu tidak baik. Itu artinya segala sesuatu akan menjadi buruk. “Syekh Efendi, tolong doakan kami!” dan Allah SWT mengatakan, “Mengapa Aku harus memberinya, apakah ia mengingat-Ku? Tidak. Lalu mengapa Aku harus memberinya? Jika Aku memberinya lebih banyak, ia akan lebih kehilangan kepalanya.”

Jadi, salatlah! Jangan biarkan satu hari lewat tanpa sujud. Ketika kita salat sebelum pergi di pagi hari, berkah lebih banyak datang pada hari itu. Orang yang rezekinya habis, akan meninggal. Tetapi jika kalian hidup, rezeki kalian akan datang, dan ada malaikat yang khusus membawakan berkah. Dan malaikat itu melihat apakah seseorang salat atau tidak. Jika ia salat, malaikat akan memberikan berkah, jika tidak, ia akan mengambilnya kembali…malaikat akan membawa pergi berkah itu. Jika kalian tidak ingin bisnis kalian memburuk, kalian harus mempunyai hubungan yang baik dengan Allah SWT.

Semoga Allah SWT memberi kita tobat yang benar, memohon ampun dengan jalan yang benar. Hari ini adalah hari di mana kalian berkurban dengan arah ke kiblat dan mengucapkan ‘Bismillaah, Allaahu Akbar,’ dan kemudian kalian menyembelih hewan kurban kalian. Dan setelah itu kalian salat dua rakaat sebagai tanda syukur kalian. Segera setelah kalian memotong pembuluh darah dan saluran udara (tenggorokan—penerj.) hewan itu, kalian harus meninggalkannya. Jangan memotong lebih dalam lagi. Kalian harus meninggalkan hewan itu selama dua atau tiga menit, itu adalah haknya untuk bergerak, dan semua darah akan keluar. Jika kalian memotong di tempat yang salah, hewan itu tidak banyak bergerak, sehingga seluruh darah tetap berada di dalam tubuhnya dan ini tidak baik untuk manusia. Kalian berhak mengambil sepertiganya, dan kemudian bagikan sepertiganya lagi kepada orang miskin. Dan untuk itu Allah SWT akan melindungi kalian dan anak-anak kalian dan rumah tangga kalian, karena pengorbanan itu. Dan Allah SWT akan menyingkirkan masalah dari kalian. Jika kalian tidak berkurban di hari Iduladha, kesulitan akan datang dan menyebabkan kalian menghabiskan sepuluh kali lipat lebih banyak daripada uang yang seharusnya kalian gunakan untuk berkurban satu hewan kurban. Allah SWT akan membuat kalian membayar sepuluh kali lipat lebih banyak! Mungkin seseorang menyenggol mobil kalian, kecelakaan terjadi, kalian mengeluarkan uang lebih banyak. Jangan berpikir karena kurban ini uang kalian akan berkurang, atau jika kalian mengeluarkan sedekah, uang kalian akan berkurang. Berikan, dan jangan biarkan tangan kalian bergetar ketika memberikannya. Banyak kesulitan yang akan Allah SWT hindarkan dari kalian. Jadi berikanlah dengan tulus. Dan sekarang kita semua berkumpul di sini untuk melaksanakan salat Iduladha. Dan kita berniat untuk salat. Apapun yang kami katakan dalam khotbah, saya katakan itu di sini, jadi kita tidak menahan orang terlalu lama, saya membuat khotbah yang singkat.

Semoga Allah SWT meninggikan derajat Nabi suci SAW. Wahai Tuhan kami, jangan biarkan orang-orang yang berusaha membuat nama beliau turun! Buatlah mereka pergi dan lindungilah kami dari musuh-musuh Islam dan lindungilah kami, wahai Tuhan kami, juga keluarga kami dan jangan biarkan kami bersama orang-orang yang jahat, kumpulkanlah kami bersama orang-orang yang baik.

Berhati-hatilah dengan anak-anak kalian, dengan generasi muda, karena generasi muda ini penting. Jangan biarkan mereka melakukan perbuatan-perbuatan yang buruk di masa sekarang ini. Banyak sekali hal buruk yang dilakukan orang sekarang ini: narkoba, alkohol dan benda-benda lain, semua kotoran terburuk dari barat dibawa ke sini. Ketika kalian datang pada mereka dengan kebiasaan kalian, mereka melihat, ‘apa yang kalian bawa ke sini?’ apa yang mereka bawa? Hanya hal-hal yang buruk, yang membuat orang kehilangan jalan baik mereka dan belajar tentang benda-benda yang buruk dan jahat ini. Kita harus berdoa agar Allah SWT tidak menempatkan kita dengan orang-orang yang jahat. Tetapi semoga Dia menuliskan nama-nama kita bersama orang-orang yang baik. Hidup bersih, dan ketika kalian meninggalkan dunia ini, meninggal dengan bersih. Allaahumma shalli `alaa sayyidina Muhammadin Nabiyyil ummi wa `ala alihi wa shahbihi wa sallim.