Selawat Nuraniyyah/Selawat Badawi Kubra


صَلَوَاتْ نُوْرَانِيَّةْ / صَلَوَاتْ بَدَاوِيْ كُبْرَى

Selawat Nuraniyyah/Selawat Badawi Kubra

Allah (swt) berfirman di dalam kitab suci al-Qur’an:

Innallāha wa malā-ikatahu yushalluuna 'alā ‘n-nabiyyi yā ayyuhā l-ladzīna āmanuu shalluu 'alayhi wa sallimū taslīmān

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya berselawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, berselawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya. (al-Ahzab, 33:56)

Dalam menyusun syair pujian terhadap Nabi (s), para awliyaullah telah mendapat ilham secara langsung dari kalbu Sayyidina Muhammad (s) atau dengan melihat suatu penglihatan spiritual atau mimpi di mana beliau (s) memberi tahu mereka mengenai nilai dari bacaan tertentu.

Mengenai doa khusus yang disusun oleh Sayyidina Ahmad al-Badawi (q), diriwayatkan oleh Hasan ibn Muhammad Qahhi di dalam kitab Talkhīs al-Ma`ārif fī targhīb Muhammad `ārif bahwa seorang wali yang bernama Muhammad Talmaysani (q) telah membaca Dalailu ‘l-Khayraat sebanyak 100.000 kali.  Setelah selesai Nabi (s) mendatanginya di dalam mimpi dan berkata kepadanya, “Jika engkau membaca bacaan Ahmad al-Badawi, seolah-olah engkau telah membaca Dalailu ‘l-Khayrat 800.000 kali.”   

Berikut ini adalah selawat tersebut, yang dikenal dengan nama Selawat Nuraniyyah atau Selawat Badawi Kubra.

اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَباَرِكْ عَلىَ سَيِّدِناَ وَمَوْلاَناَ مُحَمَّدٍ شَجَرَةِ اْلاَصْلِ النُّوْرَانِيَّةِ، وَلَمْعَةِ الْقَبْضَةِ الرَّحْمَانِيَّةِ، وَأَََفْضَلِ الْخَلِيْقَةِ اْلاِنْسَانِيَّةِ، وَأَ شْرَفِ الصُّوْرَةِ الْجَسْمَانِيَّةِ، وَمَعْدِنِ اْلاَسْرَارِ الرَّبَّانِيَّةِ، وَخَزَائِنِ الْعُلُوْمِ اْلاِصْطِفَائِيَّةِ، صَاحِبِ الْقَبْضَةِ اْلاَصْلِيَّةِ، وَالْبَهْجَةِ السَّنِيَّةِ، وَالرُّتْبَةِ الْعَلِيَّةِ، مَنِ انْدَرَجَتِ النَّبِيُّوْنَ تَحْتَ لِوَائِهِ، فَهُمْ مِنْهُ وَاِلَيْهِ، وَصَلِّ وَسَلِّمْ وَباَرِكْ عَلَيْهِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ مَاخَلَقْتَ، وَرَزَقْتَ وَأَمَتَّ وَأَحْييَْتَ اِلَى يَوْمِ تَبْعَثُ مَنْ أَفْنَيْتَ، وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًاكَثِيْرًا وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ.


 
Allāhumma shalli wa sallim wa bārik`alā Sayyīdinā wa mawlānā Muhammadin
syajarati ’l-ashli ’n-nūrānīyyati
wa lam`ati ’l-qabdhati ’r-rahmānīyyati
wa afdhali ’l-khalīqati ’l-insānīyyati
wa asyrafi ’sh-shūrati ’l-jasmānīyyati
wa ma`dini ‘l-asrāri ‘r-rabbanīyyati
wa khazā-ini ‘l-`ulūmi ‘l-ishthifāīyyati,
shāhibi ’l-qabdhati ’l-ashlīyyati
wa ’l-bahjati ’s-sanīyyati
wa ’r-rutbati ’l-`alīyyati
mani ’n-darajati ’n-nabīyyūna tahta liwā’ihi,
fahum minhu wa ilayh
Wa shalli wa sallim wa bārik `alayhi
wa `alā ālihi wa shahbihi
`adada mā khalaqta, wa razaqta, wa amatta, wa ahyayta
ilā yawmi tab`atsu man afnayta
wa sallim taslīman katsīran
wa ’lhamdulillāhi rabbi ’l-`ālamīn.

Ya Allah limpahkanlah rahmat, keselamatan dan keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad (s), sebagai sumber cahaya, sebagai genggaman kesayangan yang berkilauan, sebagai manusia yang paling utama, semulia-mulia jasad, tambang rahasia ketuhanan dan khazanah ilmu-ilmu yang terpilih dan suci.  Pemilik genggaman yang asli, yang gemilang dan kedudukan yang tinggi di mana kenabian berlangsung di bawah panjinya.  Maka mereka adalah di bawah perintahnya.  Rahmatilah dan karuniakanlah kesejahteraan dan keberkatan ke atasnya, ahli keluarganya dan para sahabatnya sebanyak bilangan semua yang telah Engkau ciptakan, yang Engkau karuniakan rezeki, yang Engkau matikan dan hidupkan hingga ke hari di mana Engkau bangkitkan orang yang telah Engkau matikan. Karuniakanlah kesejahteraan ke atasnya dengan kesejahteraan yang sebanyak-banyaknya dan segala puji milik Allah Tuhan semesta alam.